Tuesday, June 16, 2009

Mengimpor Banyak File CSV ke Excel

Tips & Trik Komputer

Beberapa hari yang lalu, teman saya mendapat kiriman data berupa file-file CSV dengan jumlah hampir seratus file. Untuk mempermudah penghitungan dan menampilkan datanya, file-file tersebut akan diimpor dan dikelola melalui aplikasi Microsoft Office Excel. Microsoft Excel sendiri memang mempunyai fasilitas untuk mengimpor data dari file teks termasuk yang berformat csv, namun dalam melakukan impor hanya dapat dilakukan untuk satu file pada tiap prosesnya, dan untuk mengimpor banyak file csv tentunya akan memakan waktu yang lama. Untunglah cara yang lebih praktis ditemukan sebelum semua file-file yang memang mempunyai struktur field atau kolom yang sama tersebut selesai diimpor satu per satu.

Cara yang digunakan berikut memang berlaku untuk mengimpor file-file csv dengan struktur field yang sama. Misalnya saja, data-data pada satu file yang dipisahkan dengan koma tersebut berisi No, Nama, ALamat, dan Jenis Kelamin, maka seperti itu pula urutan kolom pada file-file lainnya.

Agar proses impor cukup dilakukan sekali, maka selanjutnya adalah menjadikan semua file .csv tersebut dalam satu file. Ini dapat dilakukan melalui perintah di Command Prompt Windows, namun terlebih dahulu masukkan file-file csv tersebut dalam satu folder. Pada Command Prompt, masuk ke direktori tempat file-file csv itu berada dengan perintah cd. Selanjutnya ketikkan perintah berikut:

copy *.csv datagab.txt

Dengan perintah tersebut, makan file-file berekstensi .csv akan digabungkan menjadi satu file baru, yang pada contoh di atas menjadi file datagab.txt.

Selanjutnya tinggal mengimpor file hasil penggabungan tersebut melalui Microsoft Excel, pada menu Data, dari kelompok Get External Data pilih From Text. Ikuti langkah-langkah sesuai format CSV yang diimpor, seperti pemisah (delimeter) dan tipe data dari tiap-tiap kolom sampai dengan selesai.

Jika dari pada file .CSV sebagai sumber data memasukkan pula judul kolom, pada worksheet Excel tinggal dieleminasi baris-baris yang mungkin tidak diperlukan tersebut.

Inti dari cara mengimpor banyak file .csv dari Microsoft Excel ini sebenarnya pada menggabungkan file-file csv tersebut ke dalam satu file. Selain dengan perintah Command Prompt di atas, bisa pula menggunakan cara lain yang bertujuan sama.

Diambil dari : www.maseko.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys